Pengertian Rumah Minimalis

Pernahkah kamu mendengar istilah rumah dengan konsep minimalis atau menganggap pokoknya rumah yang bentuknya kecil! Eits bukan itu sob. Jika ingin tahu jawaban detailnya silahkan baca penjelasan di bawah ini dengan teliti.

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang pengertian rumah minimalis, perkembangan, makna, filosofi, dan mengapa kosep rumah seperti ini sangat banyak peminatnya.

Eh bentar-bentar saya kasih tahu dulu ya:

Menurut seorang arsitek bernama Nur Hikmah, S. Ars, sebenarnya dalam dunia arsitektur tidak ada istilah minimalis, yang ada adalah konsep aliran arsitektur modern.

Namun seiring perkembangannya zaman arsitektur modern mulai mengilangkan fungsi dan kebutuhan mendasar sebuah bangunan.

Karena itu muncul istilah minimalis yang dimaksudkan sebagai penyebutan arsitektur modern yang mengurangi fungsi utama utama bangunan, unsur dekoratif, dan ornamen-ornamen agar lebih mudah memahaminya.

Untuk itu,,, langsung saja scroll ke bawah.

Pengertian Rumah Minimalis

Rumah Arsitektur Minimalis Modern

Dalam dunia arsitektur, minimalis maksudnya adalah desain bangunan yang hanya menggunakan kebutahan mendasar dan menekankan pada hal-hal yang sifatnya esensial dan fungsional  tanpa menghilangkan nilai estetikanya.

Sedangkan pengertian rumah minimalis adalah sebuah konsep bangunan yang menekankan pada kesederhanaan bentuk dengan tujuan untuk memaksimalkan lahan yang sempit.

Perkembangan Rumah Minimalis

Kalau ngomongin soal konsep minimais sebenarnya harus sangat peduli pada keutuhan lingkungan, tidak berlebihan dalam penggunaan material.

Seorang arsitek minimalis seharusnya tidak hanya berfokus pada keindahan fisik bangunan semata, ia juga harus mampu melihat lebih dalam ke arah dimensi spiritual yang tak kasat mata.

Karena sesuatu yang abstrak misalnya seperti cahaya, angin, arah biasanya akan menimbulkan kualitas tersendiri bagi bangunan tersebut.

Gaya minimalis sendiri sudah trend sejak awal abad ke-19. Di London dan New York desain minimalis modern populer di akhir tahun 1980-an.

Di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak dulu, jika kamu pernah melihat rumah tradisional zaman dulu yang terbuat dari kayu atau bahan alami yang ada di sekitar itulah the real rumah berkonsep minimalis.

Semakin ke sini definisi rumah minimalis sudah berubah menjadi rumah dengan desain unik, bentuknya kecil, bangunan sangat presisi, bersih, tapi, tidak banyak ornamen, dan menggunakan warna cat tertentu.

Sehingga untuk mendapatkan rumah minimalis kamu perlu menyiapkan dana yang tidak sedikit sob.

Ciri-ciri Arsitektur Modern Minimalis

Kebanyaka rumah minimalis saat ini  mempunyai ciri-ciri:

  • Bentuk denah kotak
  • Bentuk bangunan kubus
  • Bentuk atap datar
  • Penataan halaman rumah kecil dan tidak rumit
  • Jendela horizon kotak-kotak
  • Sudut face 90º
  • Menggunakan material fabrikasi (ex: aluminium, beton, kaca, baja dsb)
  • Perabotan rumah biasanya berwarna polos

Mengapa Rumah Minimalis Banyak Diminati?

Rumah berkonsep minimalis bentuknya kecil, cantik dilihat, simpel, biaya lebih murah.

Filosofi terhadap rumah minimalis yaitu orangnya sederhana dan praktis, tapi sebenarnya kurang tepat sih. Coba saja lihat gaya kehidupan orang yang mempunyai rumah minimalis.

Itu saja, semoga dapat membantu kegelisahan kamu selama ini.

Boleh dishare jika dirasa temanmu butuh informasi ini, beri komentar jika ada pendapat yang kurang sreg.


BACA ARTIKEL LAIN:

Desain Pagar Tembok Minimalis

Motif Keramik Kamar Mandi Minimalis

Tinggalkan komentar