Inilah 11 Jenis Besi untuk Konstruksi dan Kegunaannya

Seperti yang kita ketahui besi adalah salah satu bahan bangunan paling pokok dan memiliki banyak manfaat. Jenis-jenis besi cukup banyak dan kegunaannya pun berbeda-beda .

Jadi sebelum membeli besi pastikan Anda sudah faham jenis besi apa yang dibutuhkan. Apabila Anda belum terlalu paham mengenai jenisnya berikut adalah jenis besi dan kegunaan yang penting untuk diketahui!

1. Jenis Besi Konstruksi dan Kegunaannya

1. Besi Plat

Gambar besi plat
idpsteel.co.id

Jenis besi pertama yang akan kami sajikan adalah besi plat. Besi Plat sendiri merupakan jenis besi yang digunakan untuk membuat berbagai mesin kendaraan.

Seluruh mesin kendaraan mulai dari kendaraan roda dua, empat, sampai yang paling besar sekalipun pasti melibatkan besi jenis plat di dalamnya.

Selain untuk mesin kendaraan juga digunakan untuk membuat kebutuhan rumah tangga. Jenis besi yang satu ini memang sangat fleksibel dan memiliki daya tahan terhadap korosi cukup baik sehingga banyak sekali perabotan yang menggunakan besi ini.

2. Besi Beton

jenis besi beton
coreysteel.com

Perlu Anda ketahui bahwa besi beton merupakan jenis besi konstruksi yang sering digunakan untuk membentuk kerangka-kerangka rumah.

Karena sering digunakan untuk pondasi sebuah bangunan besi beton memiliki sebutan khusus yaitu beton bertulang.

Besi beton sendiri sebenarnya memiliki 2 jenis yaitu:

  1. Polos
  2. Dan memiliki ulir

Besi polos digunakan untuk bagian bangunan bawah atau pelengkap, sedangkan besi ulir lebih cocok digunakan untuk pondasi bangunan.

Bahan utama dari besi beton adalah serat karbon, serat basalt, dan juga lapisan stainless steel agar tidak mudah berkarat. Ketiga bahan tersebut sangat menjamin kekuatan besi beton.

3. Besi Hollow

Jenis Besi Hollow
asiatoko.com

Besi hollow adalah model besi yang berbentuk kotak namun memiiki rongga atau kosong di bagian tengah.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan besi hollow adalah baja yang diberikan campuran galvanis lalu ditutup dengan seng dan lapisan aluminium.

Meskipun bagian tengah kosong besi ini sangat kuat jika digunakan untuk kontruksi besi kanopi, pintu gerbang, pagar, dan lain sebagainya.

Tujuan kosong di bagian tengah adalah untuk membentuk keseimbangan besi dan agar tidak memiliki struktur yang berat.

Besi Hollow memiliki beberapa jenis diantaranya Hollow Galvanise, Hollow Galvalume, Hollow Gypsum, dan Hollow Hitam. Fungsinya yang berbeda-beda mengharuskan Anda untuk memahami kebutuhan Anda sebelum membeli.

4. Besi Siku

Jenis besi siku
dekoruma.com

Jenis besi siku mungkin lebih sering Anda jumpai secara tidak sengaja di sebuah bangunan umum ataupun pribadi.

Sesuai namanya, ia memiliki bentuk unik yaitu siku dengan kemiringan 90 derajat. Terdapat beberapa varian ukuran disesuaikan sesuai dengan fungsinya. Ukuran besi Siku dimulai dari 2 cm, 3 cm, 4 cm, sampai 5 cm.

Besi Siku lebih sering digunakna untuk konstruksi sebuah tangga, menara air, dam, rak besi, meja, dan masih banyak lagi. Bentuknya yang menyerupai segitiga siku-siku juga cocok dijadikan bahan utama membuat tower.

5. Besi UNP

Besi UNP
builder.id

Besi UNP adalah jenis besi yang sering digunakan sebagai kerangka bangunan karena bentuk nya seperti huruf U yang tepat digunakan untuk kerangka atap atau bisa juga menjadi penopang di bagian dinding pojok.

Biasanya besi UNP lebih sering digunakan oleh tukang las sebagai bahan dasar membuat kerangka.

6. Besi CNP

Besi CNP
ssmetalindo.com

Besi CNP memang hampir sama dengan besi UNP. Keduanya sama-sama digunakan untuk alat kontruksi namun fungsi dan bentuk nya berbeda.

Fungsi besi CNP adalah untuk kontruksi kerangka bagian atap dan sesuai namanya besi CNP memiliki bentuk seperti huruf C.

Seluruh model bangunan pasti membutuhkan jenis besi yang satu ini sehingga bisa dikatakan bahwa besi CNP merupakan besi yang paling sering dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Besi H-Beam

Besi H Beam
besibesi.com

Bisa dibilang jenis Besi H-Beam ini adalah varian yang paling terkenal karena paling sering dipilih untuk berbagai jenis bangunan.

Bentuk dari besi H-Beam adalah balok yang menyerupai huruf H atau biasa disebut dengan Hot Rolled. Beberapa bangunan yang mengandalkan besi H Beam adalah jembatan yang panjang, membuat apartemen, proyek gedung besar, dan juga jenis bangunan besar lainnya.

8. Besi Expanded Metal

Besi Expanded
expandedmetalmurah.com

Besi Expanded Metal merupakan jenis besi yang berbentuk seperti jaring-jaring kaku yang terbuat dari pelat baja kuat namun berlubang.

Jenis ini sangat kuat namun cukup ringan karena hanya terbuat dari plat baja tidak disertai dengan pengelasan apapun. Meskipun begitu besi Expanded Metal sangat tepat digunakan sebagai pagar rumah atau sejenisnya. Anda bisa menyesuaikan berdasarkan dengan ukurannya.

9. Besi Wide Flange

Besi Wide Flange
voireproject.com

Jenis besi dan kegunaan selanjutnya adalah besi Wide Flange. Jika dilihat sekilas bentuk besi jenis ini hampir sama dengan besi H Beam namun besi Wide Flange memiliki gaya tarik dan gaya tekan lebih tinggi dibandingkan dengan besi H Beam.

Dengan kelebihan yang dimiliki besi Wide Flange tersebut jenis ini lebih diandalkan untuk sebuah proyek dan bahan material lainnya. Bangunan yang di bangun secara proyek lebih sering menggunakan besi type ini agar lebih mudah dan efektif.

10. Besi Wiremesh

Besi Wiremesh
tokopedia.com

Jenis besi selanjutnya adalah besi Wiremesh, nama yang unik mencerminkan jenis nya yang unik pula. Jika besi-besi yang lain terlihat lebih gagah namun besi Wiremesh memiliki tekstur lebih ringan karena digunakan sebagai bahan utama pagar dan beberapa digunakan sebagai penguat dak beton sebuah bangunan.

Bentuk dari besi Wiremesh sendiri adalah kotak-kotak atau jajar genjang. Pagar dengan bahan besi Wiremesh dijamin awet dan elegan.

11. Besi Pipa

Besi pipa
pusathdpe.co.id

Yang terakhir adalah pipa besi, jenis yang satu ini pasti lebih fenomenal karena paling sering dijumpai di toko bangunan. Bentuk yang khas yaitu bulat memanjang seperti bambu dengan warna hitam atau abu-abu. Pipa besi berbeda dengan pipa yang digunakan untuk mengalirkan air.

Pipa besi terbuat dari baja yang lebih tebal, kuat, dan tidak mudah retak karena fungsinya untuk menyalurkan bahan-bahan pertambangan yang berbahaya jika di sentuh secara langsung seperti minyak, gas, dan juga oli.

Karena fungsinya yang khusus maka pipa besi lebih sering digunakan di pabrik, perusahaan, ataupun bangunan industri.

Nah, itulah beberapa jenis besi dan kegunaan nya untuk kehidupan sehari-hari. Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan jenis-jenis besi diatas toko kami menyediakan berbagai jenis dengan harga yang terjangkau.

Jika Anda tertarik silahkan hubungi customer service untuk pembelian secara aman dan terjamin. Terimakasih atas kepercayaannya, kami tunggu pesanan Anda!


KUNJUNGI INI JUGA:

Jenis Baja Menurut Komposisi dan Kegunaannya

Leave a Comment