Jenis Besi Hollow dan Harganya

Bagi Anda para pekerja konstruksi pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya besi Hollow. Karena secara tidak langsung besi Hollow menjadi primadona bagi kalangan pekerja kontruksi.

Kenapa demikian? Karena besi Hollow menjadi bahan pokok untuk setiap bangunan terutama bangunan dengan proyek besar. Selain itu, besi juga memiliki tekstur lebih kuat dan awet dibandingkan dengan kayu dan bahan bangunan lainnya.

1. Jenis Besi Hollow

Besi Hollow merupakan besi yang memiliki bentuk persegi panjang dan berongga didalamnya sehingga mudah diaplikasikan dengan bahan bangunan yang lain.

Karena bentuknya yang panjang dan kotak banyak orang menyebutnya dengan sebutan pipa kotak. Besi Hollow memiliki cukup banyak jenis yang perlu Anda ketahui agar tidak salah pilih setelah membeli.

Berikut adalah 4 jenis besi Hollow yang paling sering digunakan oleh pekerja kontruksi dalam sebuah proyek.

1.1. Hollow Galvanis

jenis besi hollow galvanis
© shopee.co.id

Jenis pertama adalah besi Hollow Galvanis, jenis ini memiliki lapisan finishing yang mengandung zing coating sekitar 97% dan memiliki kadar aluminium sekitar 3%.

Kedua lapisan tersebut berfungsi untuk melindungi besi agar tidak mudah berkarat meskipun digunakan dalam waktu yang cukup lama. Karena keawetannya tersebut besi dengan jenis Hollow Galvanis cocok digunakan untuk membuat kanopi, pagar, teras, dan lain sebagainya.

Jika Anda berniat menggunakan besi Hollow Galvanis untuk membuat bangunan di luar rumah yang mengakibatkan besi terpapar sinar matahari secara langsung dan air hujan lebih baik sebelum dipasang lapisi kembali besi Hollow Galvanis dengan zat coating agar lebih awet terutama pada warnanya.

1.2. Hollow Hitam

Besi hollow hitam
© bukalapak.com

Jenis Hollow Hitam terbuat dari baja hitam yang menjadikan besi jenis ini terlihat sangat tebal dan lebih kuat ketika digunakan. Hollow Hitam juga sudah di standarisasi mengenai ukuran panjangnya sehingga tidak memiliki banyak ukuran.

Fungsi besi Hollow Hitam adalah untuk bahan pembuatan pagar saja. Jika Anda memilih membuat pagar rumah dengan jenis Hollow Hitam, dapat kami pastikan bahwa pagar Anda akan lebih kuat, awet, dan terjamin karena kekokohan bahannya.

1.3. Hollow Galvalum

besi hollow galvalum
© idpsteel.co.id

Selanjutnya adalah jenis Hollow Galvalum. jika dibandingkan dengan jenis Galvanis, Hollow Galvalum memiliki lapisan aluminium yang lebih besar dan kuat.

Jika dirinci secara persen kandungan aluminium yang ada di dalamnya mencapai 55%, kandungan unsur besi sekitar 43,5%, dan lapisan silicon yang berfungsi agar besi tidak mudah berkarat mencapai 1,5%.

Dengan lapisan-lapisan tersebut Hollow Galvalum menjadi jenis besi yang tidak mudah berkarat dan dijamin kemulusannya.

Selain itu, jenis Hollow Galvalum di desain dengan ketebalan yang berbeda-beda sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Fungsi utama Hollow Galvalume adalah untuk membuat pagar dan bahan bangunan rumah lainnya.

1.4. Hollow Gypsum

Besi hollow gypsum
© soalanaw.blogspot.com

Jenis terakhir dari besi Hollow adalah Hollow Gypsum. Ternyata jenis Hollow Gypsum adalah jenis yang paling sering dicari dan digunakan masyarakat.

Jenis Hollow Gypsum dibuat dari bahan yang dijamin awet, kuat, dan tidak mudah diserang oleh hewan rayap.

Karena fungsinya untuk bahan membuat plafon rumah, parkiran, dan bangunan-bangunan besar seperti sekolahan, apartemen, dan perusahaan jenis yang satu ini menjadi jenis yang paling sering dicari dibandingkan dengan yang lainnya.

Di pasaran jenis besi memang cukup banyak dan jenis besi Hollow adalah jenis besi yang paling sering di aplikasikan di setiap bangunan dibandingkan dengan yang lainnya.

Selain itu, karena manfaat dan bahannya cukup bagus banyak masyarakat yang mulai beralih pada besi Hollow untuk mendekorasi rumahnya. Lalu apa saja kelebihan lain yang diberikan oleh besi Hollow ini?

Berikut terdapat beberapa kelebihan besi Hollow yang perlu Anda ketahui agar tidak menyesal memilihnya.

2. Kelebihan dan Kekurangan Besi Hollow

2.1. Kelebihan

  1. Besi Hollow memiliki standar kualitas yang baik dan bisa diaplikasikan untuk bahan bangunan yang dibutuhkan secara fleksibel.
  2. Pemasangan menggunakan besi Hollow relatif mudah, cepat, dan tidak perlu membutuhkan bantuan banyak orang.
  3. Perawatan yang mudah dan awet, jika membutuhkan perawatan yang lebih intens Anda bisa melapisi dengan zat coating sebelum memasang.
  4. Tidak mudah mengalami korosi karena cuaca, besi Hollow akan tampil secara tajam dan warna yang awet jika perawatannya benar.

2.2. Kekurangan

  1. Meskipun bisa digunakan untuk waktu yang cukup lama, besi Hollow tidak bisa menahan beban yang terlalu berat karena bentuknya yang berongga. Jadi jika Anda memilih besi Hollow sebaiknya tidak mengaplikasikan nya dengan bahan berat lainnya.
  2. Ukuran dari besi Hollow mayoritas hanya mencapai 6 meter saja. Jika Anda membutuhkan ukuran yang lebih panjang Anda bisa mengelas besi Hollow ini. Namun jika merasa kurang bagus Anda bisa menggunakan besi yang lainnya.

3. Daftar Harga Besi Hollow

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, besi Hollow memiliki ukuran yang bervarian akan tetapi tidak melebihi 6 cm. Setiap ukuran yang diberikan memiliki fungsi sendiri-sendiri sehingga Anda harus memilih ukuran yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Ukuran yang diberikan juga memengaruhi harga besi Hollow itu sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut terdapat rentang harga berdasarkan dengan ukuran besi Hollow yang disediakan.

UkuranTebalPanjangHarga
2x21,5mm6 meterRp. 65.000
1,5x31,5mm6 meterRp. 74.000
3x31,5mm6 meterRp. 101.000
3x31,7mm6 meterRp.131.000
2x41,5mm6 meterRp. 101.000
4x21,7mm6 meterRp. 131.000
4x41,7mm6 meterRp. 179.000
4x42,7mm6 meterRp. 257.000
5x51,7mm6 meterRp. 229.000
5x52,7mm6 meterRp. 330.000
3x61,5mm6 meterRp. 156.000
6x31,7mm6 meterRp. 204.000
4x61,7mm6 meterRp. 229.000
7,5x7,42,7mm6 meterRp. 513.000

Sebenarnya masih banyak lagi jenis ukuran beserta rentang harga dari besi Hollow ini. Namun beberapa ukuran diatas cukup mewakili rasa penasaran Anda sehingga bisa mempertimbangkan kembali dalam memilih ukuran.

Dengan rentang harga yang sudah disebutkan bisa disimpulkan bahwa besi Hollow ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang terjangkau namun berkualitas tinggi.

Tinggalkan komentar